Apa itu Pay per Click?

Pay per Click atau yang juga dikenal dengan CPC (Cost Per Click) merupakan model iklan internet yang berguna untuk mengarahkan pada sebuah situs web. Dimana nantinya pengiklan harus membayar sejumlah dana pada penerbit iklan saat iklan tersebut di klik seseorang. Secara sederhana bisa dikatakan jika PPC ialah cara untuk membeli traffic pada website anda.

PPC sendiri juga menjadi sebuah saluran pemasaran digital yang terbilang kompleks. Karena memang akan menghadirkan peluang yang signifikan untuk para digital marketing, guna meningkatkan trafik maupun metrik konversi. Hanya saja, pemasaran digital ini juga membutuhkan strategi yang cerdas.

Sebab pemasaran PPC tanpa taktik akan dapat menimbulkan masalah yang  besar. Metode satu ini kerap kali digunakan karena dapat menjaring audiens yang lebih luas dalam waktu singkat. Iklan yang muncul di mesin pencarian menjadi bentuk PPC yang paling banyak dilakukan. Ketika iklan tersebut anda klik, maka akan mengarahkan pada landing page atau situs web.

Jenis Jenis PPC Yang Banyak Digunakan

1. Search Advertising

Seperti yang disinggung sebelumnya, jenis PPC ini paling populer. Dimana ketika anda mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian, maka di akan ada iklan di halaman paling atas. PPC ini akan ditandai dengan teks iklan yang akan muncul di samping hasil pencarian anda. 

2. Remarketing

Jenis satu ini merupakan jenis iklan yang ditujukan hanya pada mereka yang sebelumnya telah mengunjungi situs tersebut. Strategi remarketing dianggap efektif sebab targetnya adalah orang orang yang memang sudah tertarik dengan website tersebut. sehingga kemungkinan untuk traffic atau pembelian sebuah produk bisa meningkat.

3. Social Advertising

Social advertising hampir mirip dengan search advertising. Yang membedakannya adalah tempatnya, dimana social advertising akan muncul di media sosial. Tentunya anda sudah sering menemukan iklan jenis ini. Dan sebagai pengiklan, maka anda hanya akan membayar jika iklan tersebut ada yang klik.

4. Display Advertising

Jenis selanjutnya adalah display advertising, yang memungkinkan anda untuk menampilkan iklan di semua website partner dari Google. Menariknya, anda juga bisa mengatur siapa saja nanti yang akan melihat iklan tersebut. Sehingga nantinya iklan akan lebih tepat sasaran dan relevan.

5. Google Shoping

Jenis iklan satu ini biasanya akan mengarahkan pada sebuah website e commerce. Dimana gambar produk beserta harganya akan langsung terlihat. Cara ini akan memberikan sumbangsih yang lebih besar, sebab konsumen sudah melihat foto, nama hingga harga produknya.

Alasan Anda Harus Menggunakan PPC

1. Konsumen Yang Relevan Bisa Ditargetkan

Memang sebagian merasa asing dengan digital marketing satu ini, padahal memiliki banyak manfaat bagi para pebisnis. Yang mana iklan terkait produk atau bisnis anda akan langsung ditujukan pada audiens yang sesuai atau relevan. Dengan begitu iklan akan lebih banyak dilihat oleh mereka yang memang sesuai target.

2. Budget Terkontrol

Promosi digital satu ini bisa dikatakan memiliki kebutuhan budget yang lebih ringan. Karena anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki. PPC bisa diatur dengan budget iklan harian sampai bulanan. Sehingga jika hasilnya positif, anda bisa memperpanjang iklan ini agar sering muncul.

3. Memberikan Dampak Pada SEO

Untuk anda yang mengelola website, adanya PPC akan meningkatkan efektifitas SEO anda. Karena SEO termasuk digital marketing yang membutuhkan waktu cukup panjang. Jika dibantu dengan PPC maka akan mudah untuk membuatnya di halaman pertama mesin pencarian.

PPC atau Pay per Click bisa dijadikan sebagai alternatif bagi anda yang ingin melebarkan bisnis anda. Model iklan satu ini dinilai paling efisien dan juga efektif untuk pemasaran di era digital ini. Terutama jika bisnis anda mengandalkan media sosial atau platform digital lainnya.

Komentar