Apa itu Digital Marketing?

Era digital yang semakin cepat memang hampir menyentuh semua lini di masyarakat. Inilah yang akhirnya menjadikan kata Digital Marketing banyak dikenal oleh masyarakat. Apalagi metode pemasaran satu ini juga terbilang banyak diminati dibandingkan metode konvensional. Nah, untuk lebih mengenal tentang pemasaran digital anda bisa simak ulasan berikut.

Pengertian Dari Pemasaran Digital

Kendati sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya, tetapi tidak semuanya tahu pengertian dari pemasaran secara digital ini. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran maupun promosi pada sebuah brand maupun produk dengan memanfaatkan media digital. Dalam hal ini bisa berarti mengandalkan internet untuk pemasarannya,

Dan untuk semakin membuat anda tahu, beberapa Ahli memberikan pengertian berbeda perihal DM ini. Jika menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran termasuk di dalamnya branding yang menggunakan banyak media. Mulai dari media sosial, email, blog, adwords hingga website.

Sementara jika menurut Heidrick & Struggles, menyebutkan DM memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk aktivitas periklanan yang tidak digembar gemborkan secara langsung. Tetapi aktivitas ini justru akan memiliki efek yang sangat besar. Kleindl dan Burrow menyebutkan pengertian yang juga berbeda terkait pemasaran secara digital ini.

Dimana mereka menyebutkan jika DM merupakan proses perencanaan dan juga pelaksanaan konsep, dari ide, promosi, harga hingga distribusi. Yang mana jika diartikan secara sederhana merupakan pembangunan dan juga pemeliharan hubungan saling menguntungkan antara produsen dan konsumen.

Manfaat Pemasaran Secara Digital

Setelah mengetahui pengertiannya, anda juga wajib tahu manfaat dari marketing online ini. Ada banyak manfaat yang bisa dipetik terutama bagi anda pelaku bisnis. Bukan hanya mampu untuk melakukan promosi agar brand atau produk dikenal. Tetapi juga manfaat lainnya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis anda.

1. Memiliki Jangkauan Yang Global

Dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional, pemasaran secara digital akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Sehingga kesempatan produk anda dikenal oleh masyarakat luas akan semakin lebar. Hal ini juga memungkinkan anda untuk membuka pasar baru dan berdagang global dengan investasi yang lebih rendah.

2. Meningkatkan Profit Bisnis

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak bisnis yang berkembang karena melayani transaksi secara online. Sebab, kemudahan yang ditawarkan akan mampu menarik perhatian konsumen. Walaupun bisnis anda masih dalam tahap berkembang sekalipun, digital marketing akan membantu produk anda menjadi dibutuhkan sehingga meningkatkan profit.

3. Mudah Menentukan Konsumen Sesuai Target

Menggunakan promosi secara digital, konsumen yang tengah menjadi produk akan mudah untuk dijangkau. Dengan Strategi marketing yang tepat, bukan tidak mungkin jika produk anda akan semakin dikenal. Mereka yang mengakses atau mencari tahu adalah mereka yang sesuai dengan target konsumen anda. sehingga proses promosi akan jauh lebih efektif dan efisien.

4. Posisi Strategis Dalam Persaingan Bisnis

Jika anda menggunakan langkah digital, posisi perusahaan anda akan sama dengan pesaing. Karena baik perusahaan besar maupun bisnis UKM akan memiliki peluang dan kesempatan yang sama di ranah digital. Mereka yang menawarkan jasa periklanan akan sama sama memberikan layanan terbaiknya. Tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan untuk bisnis anda.

5. Mudah Dalam Melakukan Evaluasi

Internet memiliki akses terbuka yang mana bisnis anda akan terhubung dalam banyak portal online. Dan saat bisnis anda disandingkan dengan bisnis yang lain, maka anda bisa melakukan evaluasi. Kira kira kelebihan dan kekurangan seperti apa yang akan terlihat. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi agar digital marketing bisa berjalan lancar.

Keunggulan Pemasaran Secara Digital Dibandingkan Konvensional

Setelah melihat manfaatnya, anda juga harus tahu jika pemasaran secara online ini dinilai lebih unggul dibandingkan secara konvensional. Jika sebelumnya, iklan di koran atau selebaran menjadi jujugan, sekarang digitallah yang banyak digunakan. Dan menariknya pemasaran digital bisa diukur secara tepat dan bahkan bisa real time.

Anda bisa mengetahui, berapa banyak iklan video produk atau brand ada di tonton. Selain itu anda juga akan tahu berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang dipasang. Dengan begitu, anda bisa melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan juga tidak. Tracking secara digital juga sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Keunggulan selanjutnya adalah lebih murah tetapi tetap efektif. Jika dibandingkan konvensional, biaya anggaran akan bisa lebih hemat hingga 40 persen. Dimana pendapat tersebut disampaikan oleh Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Penghematan budget ini tentunya bisa dialokasikan untuk mengembangkan bisnis anda.

Survey juga menunjukkan jika 28 persen pengusaha kecil atau UMK pindah menggunakan pemasaran secara online. Hal ini terjadi karena memang lebih efektif dan mampu untuk membangun nama brand lebih cepat. Eksistensi sebuah brand di dunia maya sangat perlu, mengingat saat ini orang orang akan mencari secara online lebih dahulu sebelum membeli produk.

Jenis Jenis Pemasaran Secara Online

1. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis yang pertama adalah SEO yang merupakan upaya untuk meningkatkan agar situs atau tautan bisnis anda muncul di halaman pertama pencarian Google. Tidak hanya itu, SEO juga bisa menargetkan agar situs berada di urutan paling atas. Dengan begitu kemungkinan situs dibaca oleh calon pelanggan semakin tinggi.

2. Website

Website juga termasuk dalam promosi digital yang memberikan peran penting. Adanya website akan  menunjukkan profesionalisme sebuah perusahaan. Situs resmi sebuah perusahaan atau produk akan menjadi ladang informasi untuk konsumen. Bahkan website bisa dijadikan media promosi yang hemat dan mudah.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO ada juga upaya agar situs perusahaan mudah ditemukan sistem mesin pencarian yakni SEM. SEM membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk membuat situs tampil di pencarian Google. Tetapi jenis promosi digital ini berbayar, jika dibandingkan SEO tentunya akan lebih mahal. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki untuk menentukannya.

4. Social Media Marketing (SMM)

Media sosial juga bisa dijadikan sebagai ladang promosi yang efektif. Terutama media sosial seperti Instagram juga Facebook yang paling populer untuk berbisnis. Dengan membuat konten yang menarik dan konsisten, maka media sosial juga akan mampu membangun brand anda. Dan hal ini terbilang efektif dan banyak dilakukan.

5. Pay per Click (PPC)

Metode Pay per Click atau PPC juga akan memastikan jika situs anda bisa unggul di antara situs lainnya dengan menggunakan kata kunci yang sama. Google Adz menjadi salah satu contoh penyedia layanan ini. Namun kini sudah banyak media sosial seperti LinkedIn, Fecebook hingga Twitter yang juga menawarkan fitur PPC.

6. Video Online

Jenis digital marketing yang selanjutnya adalah video online yang informatif, berkualitas dan menarik. Jenis satu ini akan membantu untuk menyampaikan informasi ataupun meyakinkan calon pelanggan pada kualitas bisnis anda. Metadata dengan keyword yang relevan pada video juga bisa jadi strategi SEO.

7. Iklan Online atau Afiliasi

Pemasaran dengan cara afiliasi akan memanfaatkan popularitas rekanan guna meningkatkan pemasaran bisnis. Pemasangan iklan, artikel maupun video akan ditempatkan pada situs, media sosial atau blog yang memiliki banyak pengikut. Jenis satu ini terbilang efektif untuk meningkatkan paparan di bisnis anda.

Cara Memulai Pemasaran Secara Digital

Itulah beberapa jenis yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran bisnis anda. Selain menggunakan online, saat ini marketing 4.0 juga banyak digunakan. Yakni menggabungkan pemasaran online dan offline. Untuk memulai pemasaran online bukanlah hal yang sulit, pertama anda bisa menyiapkan semua alat bantunya.

Terdiri dari website, sosial media, unggahan blog, hingga identitas produk atau brand yang menjadi sebuah aset. Setelah itu siapkan konten yang menarik, bisa berupa foto, video atau tulisan. Barulah nanti anda bisa mengunggah konten tersebut di sosial media atau website. Dari ini anda bisa melakukan evaluasi dan tetap konsisten dalam melakukannya.

Itulah beberapa hal terkait marketing secara digital yang bisa anda ketahui. Perlu anda tahu, selain menggunakan strategi pemasaran yang baik, anda juga harus memiliki perencanaan keuangan yang sesuai. Biaya yang dibutuhkan dalam DM sebenarnya tergantung dari tipe DM yang digunakan. Anda bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dimiliki.

Komentar